SEJARAH K-POP DI KOREA SELATAN

Kalian suka K-pop? k-drama? Rasanya kurang apdol kalo kalian gak tau sejarahnya. Baik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai sejarah K-pop. Langsung saja.

Terkenalnya musik K-Pop seperti saat ini didukung juga oleh merebakknya kebudayaan Korea bahkan hingga ke Indonesia. Musik pop Korea pra-modern sendiri pertama kali muncul pada tahun 1930-an akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut memengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu.
Pada tahun 1950-an dan 1960-an Sejarah K-Pop di Korea Selatan pun berlanjut. Kala itu pengaruh musik pop barat mulai masuk dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan. Musik Pop Korea pada awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, yaitu genre “oldies” yang dipengaruhi musik barat dan populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong-pil. Dan yang ketiga adalah genre yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang.
Dan mulai sejak itu Sejarah K-Pop di Korea Selatan mulai mengalami perubahan yang cukup banyak. Musik yang dirasa oleh anak muda sangat indah dan pas ditelinga mereka mulai digandrungi. Kemudian naiknya popularitas musik ini semakin menjadi dan melahirkan para bintang K-Pop di industri musik Korea. Dengan gaya yang sedikit berbeda dari zaman dulu, musik K-Pop pun semakin booming.
Sejarah K-Pop di Korea Selatan ini semakin berkembang dengan masuknya musik K-Pop beraliran dance dan hip hop. Hal ini memang terasa wajar jika mengingat pasar utama dari musik ini adalah kaum remaja.
Kemudian pada tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan dan meramaikan industri musik Korea. Aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika.
Hampir seluruh negara di dunia mengenal musik yang kini sangat populer ini. Ditambah lagi dengan boomingnya K-Drama atau drama Korea. Terlebih dalam beberapa judul K-drama kerap kali melibatkan para personel grup boyband tersebut. Hal ini yang kemudian semakin menarik minat para penggila Korea.
Mungkin cukup sekian mengenai sejarah K-Pop, terima kasih dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Leave a Reply